Monday, February 18, 2013

Menghilangkan Knocking Grand Livina: Pengalaman Pribadi Mesin Ngelitik di Tarikan Awal

Sekedar sharing pengalaman (bukan instruksi maupun rekomendasi.. kalo mau ngikutin ya at your own risk maksudnya.. hehehe) tentang keluhan mengenai mesin mobil yang semakin lama dipakai timbul gejala ngelitik atau bahasa mekaniknya "knocking" terutama pas ditarikan awal. Yang saya maksud dengan tarikan awal adalah pada RPM rendah dipacu (gas) baik saat posisi diam (netral) maupun pada saat mobil melaju.

Grand Livina 1.8XV
Pengalaman ini saya dapat pada dapur pacu Grand Livina tipe 1.8 XV (1800cc) yang kebetulan saat ini di odometer tercapai 90.000 km. Sebelum bicara lebih lanjut, saya mau perkenalkan dulu wajah dari si GL18XV ini... Jreng..!


Menurut yang bikin mobilnya, spesifikasi mesin GL18XV seharusnya dikasih makanan minimal berupa Pertamax atau sekelasnya, ga boleh dikasih Premium yang pastinya beroktan lebih rendah. Tapi apa mau di kata, kalo dikasih pertamax terus-terusan sayang juga. Jadinya dua antara dua pilihan, mobil makan premium yang nyetir makan daging ayam atau mobil makan pertamax yang nyetir makan telor ayam.. hahaha just kidding.

Grand Livina 1.8XVKembali ke permasalahan. Jadi ceritanya sekalian mau service berkala km 90.000, chit chat lah sama montir seniornya, yang memang udah kenal cukup lama. Beliau nyaranin bukan hanya service berkala tapi juga dilakukan engine conditioning menggunakan cairan khusus. Cairan ini sebenarnya sudah tidak lagi dianjurkan secara resmi oleh Nissan karena kabarnya pernah ada kejadian penggunaan cairan ini menyebabkan jebolnya catalytic converter dan terntunya biaya perbaikan jadi muahal. (makanya di awal saya bilang ini bukan rekomendasi, just sharing pengalaman).



Akhirnya saya putuskan untuk memperbolehkan mekanik menggunakan cairan pembersih (red. engine conditioner) ini. Modalnya, percaya sama mekanik yang udah lama saya kenal ini. Setelah tune up periodik selesai, mulailah mekanik membuka ruang bakar dan keempat busi. Lalu dengan motede pengulangan menyemprotkan cairan ke dalam lubang busi dan melakukan starter tanpa busi sehingga benar saja.... Kerak Kotoran Sisa Pembakaran Rontok Keluar!! Bentuknya seperti serpihan arang berwarna hitam. Langkah ini dilakukan berulang hingga residu semakin lama semakin sedikit. Kotoran inilah yang menjadi sumber utama nglitik, karena pada kondisi panas kotoran ini menjadi bara dan langsung membakar bensin pada saat yang tidak tepat sehingga pembakaran tidak sempurna.

Selesai pembersihan ruang bakar, komponen mesin kembali dipasang ke keadaan semula. Start engine berjalan normal, hanya diawali dengan asap knalpot yang relatif lebih tebal sesaat. Mungkin sisa pembersihan tadi sebagian terbuang lewat pantat mobil (knalpot).

Naaah... sekarang yang bikin penasaran adalah cairan yang dipakai seperti apa. Banyak beredar cairan pembersih ruang bakar di pasaran tapi entah mengapa mekanik hanya menyarankan satu produk ini, sampai saya harus menunggu lama sampai mekanik mendapatkannya. Ini dia tersangkanya, Nama: Procare Engine Conditioner, Kemasan: Kaleng Semprot, Warna Kaleng: Hitam pekat. Foto:
Procare Engine Conditioner



Belinya di mana? Sorry to say, saya gak tau.. mekaniknya bilang dia ternyata kebetulan masih punya stok yang dulu masih disimpen di lemari rumahnya.

Akhirnya setting seperti biasa dilakukan, bluetooth dicolokin keperangkat di bawah dashboard, lalu penyetelah dilakukan secara remote dengan laptopnya mekanik. Settingan juga diubah menjadi pemakan premium. Bunyi ngelitik yang tadinya sangat jelas terasa telah hilang, tapi tenaga GL18XV masih terasa membahana. Namun sang mekanik tetap mengingatkan, selama input yang masuk ruang bakar memiliki residu (kualitas bensin kurang baik, udara berdebu, dll), kotoran pasti akan tetap timbul lagi, dan pada kilometer tertentu knocking dapat terjadi lagi. Yang bisa dilakukan hanyalah mencegah sebaik mungkin adanya kotoran-kotoran yang masuk tersebut.

Save the earth for our inheritors: do not print unless necessary.

30 comments:

Anonymous said...

Boleh tau alamat bengkel na dmn? Dan recommend nama montir nya? Kebetulan masalah sama nih bro. Need your info asap ya

Indra Permana said...

Saya PM lewat email saja ya Pak. minta alamat emailnya bapak. Nuhun :)

N Nicolas said...

Pak indra saya minta nama dan alamat bengkelnya donk? email sy myavanza@hotmail.co.id

thank u ya

Mike Tan said...

Pm ke mike.drummer24@gmail.com utk bengkel Dan nama Montir Nya Pak. Tq

mr. sarinovianto said...

Pak, boleh juga di share ke saya. kebetulan saya punya masalah yg sama. email saya : sari.novianto@gmail.com nuhun pisan pak.

Ragil said...

Pak, boleh sharing bengkel dimana dan mekaniknya siapa ya? saya punya masalah sama neh, email saya rhragil@gmail.com,

makasih, semoga sukses selalu

anice iryani said...

pak indra.. saya minta di share juga nama dan alamat bengkel dan juga mekaniknya .. buat jaga-jaga kalo bermasalah .. email ke aniceiryani@gmail.com


Makasih ya pakk..

Budi Rahardjo said...

pak saya mohon diemail juga nama bengkel dan nama mekaniknya ke budi.rd@gmail.com

Eko Putro said...

minta nama bengkel dan no HP ny pak. mobil GL 1,5XV/AT saya juga ngelitik. email ( echo_nnk79@yahoo.co.id )
Thx

Dermawan said...

Terimakasih banyak infonya pak. Mohon sharing juga nama bengkel dan mekaniknya ke aanprivate(at)gmail.com

Anonymous said...

Mohon info nama bengkel, nama mekanik dan alamatnya Pak ke irawanse1973@yahoo.com. terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

Mohon info nama bengkel, nama mekanik dan alamatnya Pak ke fauzan.bni46@yahoo.com

ghaluh kusumadipura said...

sangat berguna sekali infonya, mohon sharing nama bengkel, nama mekanik dan alamatnya Pak ke galuhsonya@yahoo.com, atau sms ke 08888452214 , trims

Anonymous said...

Mantab informasinya pak, boleh share juga bengkel dan mechaniker nya ? masalah sama dengan Livina Xgear saya, bisa ke wssapardiono@gmail.com, thank you pak

Indra Permana said...

Dear all beloved cyber-friends..

Saya update pengalaman saya diatas ya. Mohon maaf sebelumnya, karena "tugas negara" baru sempat online lagi dgn blog ini;) Sebelumnya mungkin tidak terdeteksi bahwa apabila timing diturunkan menjadi konsumsi premium tentunya menjadi lebih banyak liter yang terpakai berbanding jarang tempuh, sehingga perbandingan efisiensi BBM turun menjadi 14km/L untuk jalur luar kota, padahal sebelumnya saya pernah sampai 25-28km/L (economic driving style & pakai sixth-gear-nya GL1.8). Saya putuskan akhirnya timing mesin diset balik ke timing pertamax saja. Hal ini logis karena untuk mempertahankan tenaga yg besar dengan jumlah oktannya dikurangi, mesin akan meminum lebih banyak bensin.

Namun untuk pembersihan sisa karbon (engine conditioning) tak masalah bagi saya, malah ini memang sangat baik bagi performa mesin terutama menghilangkan bunyi ngelitik.

So cyber-friends, untuk melakukan engine-conditioning bisa dikonsultasikan ke SA di beres nissan langganan anda.. kalau saya berhubung di bandung, kalo ga ke nissan shatta, ya ke nissan veteran... :) thank you ya..

kalau berkenan, silahkan JOIN juga blog ini ya, hatur nuhun....

Anonymous said...

Mantab informasinya pak, boleh share juga bengkel dan mechaniker nya ? masalah sama dengan Livina Xgear saya, bisa ke adimooa@gmail.com, thank you pak

yan-denpasar said...

Bro, boleh d PM kah alamat bengkel & mekaniknya ke y_fadhilah@yahoo.com
Saya jg ketemu masalah yg sama.
Thx ya Bro

Anonymous said...

untuk solusi mobil ngelitik, bisa dicoba juga yg 1 ini, pada antri
www.bengkeliritbbm.com

Anonymous said...

Pak, boleh sharing bengkel dimana dan mekaniknya siapa ya? saya punya masalah sama neh, email saya rokhmat@gmail.com,

makasih, semoga sukses selalu

Anonymous said...

Mau jg bro bengkel nissan yang dimana dan nama montirnya, email saya: ve.singgih@gmail.com, tq

George Ari Bernardi said...

Pak, tolong share alamat bengkelnya dan montirnya. Sy punya keluhan yang sama. Email sy oje2jc@hotmail.com. Thank you

adi prawira said...

Please email alamat bengkel atau contqct personnya ke adidps@yahoo.com ya gan.

Anonymous said...

AMB CarbonSpeed patut di coba juga kok. Lebih mantap tanpa asap tebal. ambproclean.blogspot.com

Winata Darma said...

Bro minta alamat n nama bengkel nya ya..ane lg butuh. Si black gl lg gelitik gt. Pm ke winata.darma33@gmail.com.plz ya bro tks

Anonymous said...

aa indra tolong di email ya ke saya juga(dinz.rck99@gmail.conm)hatur nuhun

Anonymous said...

aa indra tolong di email ya ke saya juga(dinz.rock99@gmail.conm)hatur nuhun

Adri Adzka said...

Mas bro......boleh minta alamat bengkelnya dan nama montirnya klo bisa skalian nomer hp montirnya ke (adzka9@gmail.com) thanks mas bro sebelumnya

Willy Cung said...

Mas bro......boleh minta alamat bengkelnya dan nama montirnya plsss dan bisa tolo email ke willy_zhong2000@yahoo.com
makasihh bgttt

Anonymous said...

Pak boleh minta alamat bengkelnya dan nama montir, posisi saya ada di jawa timur malang. Ini email saya, mutaqin.qin@gmail.com

nurdin jamil said...

Pak indra...boleh donk di sahre nama bengkel or montirnya ke email saya hhendramozes@yahoo.com

Post a Comment

Visitors are coming from

free counters

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys