Monday, February 18, 2013

Menghilangkan Knocking Grand Livina: Pengalaman Pribadi Mesin Ngelitik di Tarikan Awal

Sekedar sharing pengalaman (bukan instruksi maupun rekomendasi.. kalo mau ngikutin ya at your own risk maksudnya.. hehehe) tentang keluhan mengenai mesin mobil yang semakin lama dipakai timbul gejala ngelitik atau bahasa mekaniknya "knocking" terutama pas ditarikan awal. Yang saya maksud dengan tarikan awal adalah pada RPM rendah dipacu (gas) baik saat posisi diam (netral) maupun pada saat mobil melaju.

Grand Livina 1.8XV
Pengalaman ini saya dapat pada dapur pacu Grand Livina tipe 1.8 XV (1800cc) yang kebetulan saat ini di odometer tercapai 90.000 km. Sebelum bicara lebih lanjut, saya mau perkenalkan dulu wajah dari si GL18XV ini... Jreng..!


Menurut yang bikin mobilnya, spesifikasi mesin GL18XV seharusnya dikasih makanan minimal berupa Pertamax atau sekelasnya, ga boleh dikasih Premium yang pastinya beroktan lebih rendah. Tapi apa mau di kata, kalo dikasih pertamax terus-terusan sayang juga. Jadinya dua antara dua pilihan, mobil makan premium yang nyetir makan daging ayam atau mobil makan pertamax yang nyetir makan telor ayam.. hahaha just kidding.

Grand Livina 1.8XVKembali ke permasalahan. Jadi ceritanya sekalian mau service berkala km 90.000, chit chat lah sama montir seniornya, yang memang udah kenal cukup lama. Beliau nyaranin bukan hanya service berkala tapi juga dilakukan engine conditioning menggunakan cairan khusus. Cairan ini sebenarnya sudah tidak lagi dianjurkan secara resmi oleh Nissan karena kabarnya pernah ada kejadian penggunaan cairan ini menyebabkan jebolnya catalytic converter dan terntunya biaya perbaikan jadi muahal. (makanya di awal saya bilang ini bukan rekomendasi, just sharing pengalaman).



Akhirnya saya putuskan untuk memperbolehkan mekanik menggunakan cairan pembersih (red. engine conditioner) ini. Modalnya, percaya sama mekanik yang udah lama saya kenal ini. Setelah tune up periodik selesai, mulailah mekanik membuka ruang bakar dan keempat busi. Lalu dengan motede pengulangan menyemprotkan cairan ke dalam lubang busi dan melakukan starter tanpa busi sehingga benar saja.... Kerak Kotoran Sisa Pembakaran Rontok Keluar!! Bentuknya seperti serpihan arang berwarna hitam. Langkah ini dilakukan berulang hingga residu semakin lama semakin sedikit. Kotoran inilah yang menjadi sumber utama nglitik, karena pada kondisi panas kotoran ini menjadi bara dan langsung membakar bensin pada saat yang tidak tepat sehingga pembakaran tidak sempurna.

Selesai pembersihan ruang bakar, komponen mesin kembali dipasang ke keadaan semula. Start engine berjalan normal, hanya diawali dengan asap knalpot yang relatif lebih tebal sesaat. Mungkin sisa pembersihan tadi sebagian terbuang lewat pantat mobil (knalpot).

Naaah... sekarang yang bikin penasaran adalah cairan yang dipakai seperti apa. Banyak beredar cairan pembersih ruang bakar di pasaran tapi entah mengapa mekanik hanya menyarankan satu produk ini, sampai saya harus menunggu lama sampai mekanik mendapatkannya. Ini dia tersangkanya, Nama: Procare Engine Conditioner, Kemasan: Kaleng Semprot, Warna Kaleng: Hitam pekat. Foto:
Procare Engine Conditioner



Belinya di mana? Sorry to say, saya gak tau.. mekaniknya bilang dia ternyata kebetulan masih punya stok yang dulu masih disimpen di lemari rumahnya.

Akhirnya setting seperti biasa dilakukan, bluetooth dicolokin keperangkat di bawah dashboard, lalu penyetelah dilakukan secara remote dengan laptopnya mekanik. Settingan juga diubah menjadi pemakan premium. Bunyi ngelitik yang tadinya sangat jelas terasa telah hilang, tapi tenaga GL18XV masih terasa membahana. Namun sang mekanik tetap mengingatkan, selama input yang masuk ruang bakar memiliki residu (kualitas bensin kurang baik, udara berdebu, dll), kotoran pasti akan tetap timbul lagi, dan pada kilometer tertentu knocking dapat terjadi lagi. Yang bisa dilakukan hanyalah mencegah sebaik mungkin adanya kotoran-kotoran yang masuk tersebut.

Save the earth for our inheritors: do not print unless necessary.

86 comments:

Anonymous said...

Boleh tau alamat bengkel na dmn? Dan recommend nama montir nya? Kebetulan masalah sama nih bro. Need your info asap ya

Indra Permana said...

Saya PM lewat email saja ya Pak. minta alamat emailnya bapak. Nuhun :)

Unknown said...

Pak indra saya minta nama dan alamat bengkelnya donk? email sy myavanza@hotmail.co.id

thank u ya

Unknown said...

Pm ke mike.drummer24@gmail.com utk bengkel Dan nama Montir Nya Pak. Tq

mr. sarinovianto said...

Pak, boleh juga di share ke saya. kebetulan saya punya masalah yg sama. email saya : sari.novianto@gmail.com nuhun pisan pak.

Ragil said...

Pak, boleh sharing bengkel dimana dan mekaniknya siapa ya? saya punya masalah sama neh, email saya rhragil@gmail.com,

makasih, semoga sukses selalu

Unknown said...

pak indra.. saya minta di share juga nama dan alamat bengkel dan juga mekaniknya .. buat jaga-jaga kalo bermasalah .. email ke aniceiryani@gmail.com


Makasih ya pakk..

Unknown said...

pak saya mohon diemail juga nama bengkel dan nama mekaniknya ke budi.rd@gmail.com

Unknown said...

minta nama bengkel dan no HP ny pak. mobil GL 1,5XV/AT saya juga ngelitik. email ( echo_nnk79@yahoo.co.id )
Thx

Dermawan said...

Terimakasih banyak infonya pak. Mohon sharing juga nama bengkel dan mekaniknya ke aanprivate(at)gmail.com

Anonymous said...

Mohon info nama bengkel, nama mekanik dan alamatnya Pak ke irawanse1973@yahoo.com. terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

Mohon info nama bengkel, nama mekanik dan alamatnya Pak ke fauzan.bni46@yahoo.com

Unknown said...

sangat berguna sekali infonya, mohon sharing nama bengkel, nama mekanik dan alamatnya Pak ke galuhsonya@yahoo.com, atau sms ke 08888452214 , trims

Anonymous said...

Mantab informasinya pak, boleh share juga bengkel dan mechaniker nya ? masalah sama dengan Livina Xgear saya, bisa ke wssapardiono@gmail.com, thank you pak

Indra Permana said...

Dear all beloved cyber-friends..

Saya update pengalaman saya diatas ya. Mohon maaf sebelumnya, karena "tugas negara" baru sempat online lagi dgn blog ini;) Sebelumnya mungkin tidak terdeteksi bahwa apabila timing diturunkan menjadi konsumsi premium tentunya menjadi lebih banyak liter yang terpakai berbanding jarang tempuh, sehingga perbandingan efisiensi BBM turun menjadi 14km/L untuk jalur luar kota, padahal sebelumnya saya pernah sampai 25-28km/L (economic driving style & pakai sixth-gear-nya GL1.8). Saya putuskan akhirnya timing mesin diset balik ke timing pertamax saja. Hal ini logis karena untuk mempertahankan tenaga yg besar dengan jumlah oktannya dikurangi, mesin akan meminum lebih banyak bensin.

Namun untuk pembersihan sisa karbon (engine conditioning) tak masalah bagi saya, malah ini memang sangat baik bagi performa mesin terutama menghilangkan bunyi ngelitik.

So cyber-friends, untuk melakukan engine-conditioning bisa dikonsultasikan ke SA di beres nissan langganan anda.. kalau saya berhubung di bandung, kalo ga ke nissan shatta, ya ke nissan veteran... :) thank you ya..

kalau berkenan, silahkan JOIN juga blog ini ya, hatur nuhun....

Anonymous said...

Mantab informasinya pak, boleh share juga bengkel dan mechaniker nya ? masalah sama dengan Livina Xgear saya, bisa ke adimooa@gmail.com, thank you pak

yan-denpasar said...

Bro, boleh d PM kah alamat bengkel & mekaniknya ke y_fadhilah@yahoo.com
Saya jg ketemu masalah yg sama.
Thx ya Bro

Anonymous said...

untuk solusi mobil ngelitik, bisa dicoba juga yg 1 ini, pada antri
www.bengkeliritbbm.com

Anonymous said...

Pak, boleh sharing bengkel dimana dan mekaniknya siapa ya? saya punya masalah sama neh, email saya rokhmat@gmail.com,

makasih, semoga sukses selalu

Anonymous said...

Mau jg bro bengkel nissan yang dimana dan nama montirnya, email saya: ve.singgih@gmail.com, tq

Unknown said...

Pak, tolong share alamat bengkelnya dan montirnya. Sy punya keluhan yang sama. Email sy oje2jc@hotmail.com. Thank you

adi prawira said...

Please email alamat bengkel atau contqct personnya ke adidps@yahoo.com ya gan.

Anonymous said...

AMB CarbonSpeed patut di coba juga kok. Lebih mantap tanpa asap tebal. ambproclean.blogspot.com

Unknown said...

Bro minta alamat n nama bengkel nya ya..ane lg butuh. Si black gl lg gelitik gt. Pm ke winata.darma33@gmail.com.plz ya bro tks

Anonymous said...

aa indra tolong di email ya ke saya juga(dinz.rck99@gmail.conm)hatur nuhun

Anonymous said...

aa indra tolong di email ya ke saya juga(dinz.rock99@gmail.conm)hatur nuhun

Unknown said...

Mas bro......boleh minta alamat bengkelnya dan nama montirnya klo bisa skalian nomer hp montirnya ke (adzka9@gmail.com) thanks mas bro sebelumnya

Unknown said...

Mas bro......boleh minta alamat bengkelnya dan nama montirnya plsss dan bisa tolo email ke willy_zhong2000@yahoo.com
makasihh bgttt

Anonymous said...

Pak boleh minta alamat bengkelnya dan nama montir, posisi saya ada di jawa timur malang. Ini email saya, mutaqin.qin@gmail.com

Unknown said...

Pak indra...boleh donk di sahre nama bengkel or montirnya ke email saya hhendramozes@yahoo.com

Unknown said...

Mas minta di share ke email rsianto@gmai.com ya untuk alamat bengke & montirnya...terima kasih

Unknown said...

Pak....mw tx sdkit,,,,smg bpk tau jwbnx....saya px gl15xv...odo br 1500km...blm smpat servis prtama krn bengkel jauh dluar kota....iseng saya usap knalpot bagian dalam, kok sdah ada karbon hitam..apa itu normal?klo g apa pnyebabx?thanks sblmx

Unknown said...

sebenarnya ada cara supaya pengeluaran carbon tidak nempel di katalic converter. tapi rada repot. gini nih, posisin di top (jadi semua klep nutup). semprot dah tu cairan ke dalem. tinggal ditunggu sekian lama, terus kasih udara bertekanan. jadi g ada kemungkinan karbon masuk ke catalic. Just Share, semoga GL 18 nya makin membahana gan, muantep pake banget ini mobil tarikannya. tapi sayang udah g diproduksi ini mesin kata orang beres..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

mas dan agan mhon juga bengkel dan montirnya dmana alamatnya. sy jg sama pengalamannya mesin menggelitik.
email saya ekosuryanto82@gmail.com
trimakasih

Tommy Tappy said...

Mas..boleh tahu nama bengkel n mechanicnya? Saya jg pemakai 1.8 dan permasalahan sama...email saya tommy.tappy@armindo-utama.com...thanks bro

Tommy Tappy said...

Mas..boleh tahu nama bengkel n mechanicnya? Saya jg pemakai 1.8 dan permasalahan sama...email saya tommy.tappy@armindo-utama.com...thanks bro

Yudi Herdiana said...

Mas, GL 1.8 XV nya matic apa manual? FC bisa tembus lebih 10km/L itu udh hebat.

OGL 1.8 XV saya metik max FC nya cuma 6km/L, mesin msh standar tingting, msh minum premium tapi udh gak ada nggelitik.. kok FC nya boros bgt ya punya saya?

Unknown said...

mas, boleh minta nama montir sama nama bengkelnya ? ada nomer telpon montirnya kah ? PM ke ardihakitama@yahoo.co.id
maaf sebelumnya banyak minta mas, terima kasih :D

Anonymous said...

bos PM ke saya juga bengkel dan montirnya.. andypolmi@yahoo.com

dah sebulan lebih mobil saya mengelitik.

thanks

Unknown said...

pak, mohon info bengkel dan mekaninknya, saya mengalami hal serupa..

email saya waddu.miftahul@gmail.com

maslasno said...

Ikut nimbrung Pak,
Untuk tune up atau membersihkan ruang bakar disarankan ke bengkel resmi. Jika tetap memaksa ke bengkel luar, kendalanya putaran mesin tidak stabil dan kadang MIL engine nyala. Mau tidak mau harus direset ke bengkel resmi dan biayanya tambah besar.
Salam

Unknown said...

Gan sy jg di bdg. Sy pake gl 1.5xv auto. Sy lakukan carbon clean sendiri. Cuma ngga punya aplilasi utk seting ecu. Jd setting ecu nya manual.
Gan boleh sharing nama aplikasinya ke evadfadli@yahoo.co.id
Trmksh

Unknown said...

Gan boleh minta alamat bengkelnya , krn livina sy kasusnya seperti itu , yudienugroho4@gmail.com

Unknown said...

Gan info yang luar biasa, tunggangan keluarga saya punya penyakit sama. Mohon info hp dan bengkelnya, sy d bdg. inilahtan@gmail.com hatur nuhun

Unknown said...

gan boleh mita alamat bengkel n nama montirnya... kirim ke email ubbazz@gmail.com thanks gan

Unknown said...

Mas minta nama bengkel n alamatnya donk... Masalah kendaraan kita sama neh... Tolong kirim k email moelditri@gmail.com .. Sori n tanx

Indra Andika Prananda said...

Kang punten, info yang luar biasa, tunggangan keluarga saya punya penyakit sama. Mohon info hp dan bengkelnya, sy d bdg. drax76@gmail.com
hatur nuhun

Unknown said...

kenapa ga ke bengkel resmi aja kang
sekarang nissan punya ko cairan enggine cleaner
salam : teknisi nissan

bagja riswandi said...

kang, tolong dong dishare alamat bengkel sama montirnya ke amarta6169@gmail.com, hatur nuhun

Unknown said...

Blh dishare alamat bengkelnya sama montirnya ke mido.putranto@gmail.com, terima kasig

Unknown said...

Blh dishare alamat bengkelnya sama montirnya ke mido.putranto@gmail.com, terima kasig

sehati sepikiran bersama said...

Mas kirim alamat bengkel dan kontak mekanik nya fery_alexander@yahoo.com

sehati sepikiran bersama said...

Mas kirim alamat bengkel dan kontak mekanik nya fery_alexander@yahoo.com

Anonymous said...

mas saya punya problem yg sama tolong alamat bengkel kontak mekaniknya ke t.senoaji@gmail.com terima kasih

Unknown said...

Om saya punya masalah yg sama,boleh minta alamat ny?pradanaandika28@gmail.com mksh

Unknown said...

Mohon informasi bengkel non atpm yg kompeten melakukan livina carbon clean dengan cairan yg recommended dan biaya yg realistis.

Unknown said...

Mas , mohon info bengkelnya dong.email ke osjarief@gmail.com ya. trims. Kayaqnya ngelitik ini memang masalah hampir semua Livina ya?

Unknown said...

slmt siang,,,ijin mas mohon info bengkelnya??? mumupramz@yahoo.com

Unknown said...

Kang indra tlg dishare alamat n nama montirnya. Mdprihadi@gmail.com.
Nuhun

Unknown said...

Kang indra tlg dishare alamat n nama montirnya. Mdprihadi@gmail.com.
Nuhun

Johan Wachyudi said...

Pa indra tlg dishare alamat n nama montirnya. johanwachyudi@gmail.com.terimakasih

Johan Wachyudi said...

Pa indra tlg dishare alamat n nama montirnya. johanwachyudi@gmail.com.terimakasih

Dank Nazi said...

ada yg punya pengalaman tune up (TUSS/Tune Up Semi Sport)di bengkel umum non Beres Nissan, tapi hasilnya ok dan terpenting lebih murrraaahhh? he..he..

Unknown said...

Bisa minta informasi Bengkel nya Pa,
Saya pakai Gradn Livina SV makin loyo sekarang dan nelitik

Please di share alamatnya
Email saya : the_xiunk@yahoo.com

Berbagi Ilmu Tiada Batas said...

Om saya minta alamat, nomor, dan PIC nya ya. Punya problem sama nih. nico.baruno(at)gmail.com
Makasih om.

Berbagi Ilmu Tiada Batas said...

Om saya minta alamat, nomor, dan PIC nya ya. Punya problem sama nih. nico.baruno(at)gmail.com
Makasih om.

Unknown said...

Boleh share alamat dan nama dan no hp mekanisnya.alamat email.ignatius_chandra@yahoo.co.id

Unknown said...

Boleh share alamat dan nama dan no hp mekanisnya.alamat email.ignatius_chandra@yahoo.co.id

Anonymous said...

bos.. mau juga dunk info montir dan nama bngkelna.. di email ke krisnachung88@gmail.com.. penyakitnya sama nich boss.. thx sblmnya

Deni Mc. Armand said...

malam, saya juga mengalami hal sama di mobil GL saya...
di daerah bogor ada yang bisa ?

mcnoey said...

normal & biasa gejala seperti itu...di cleaning/tune up mesinnya atuh jangan cuman ganti oli saja & BBM pakai oktan yg tinggi. sama seperti mobil lainnya atau sepeda motor. aya2 wae

Anonymous said...

Gan, bagi kontak montir serta alamat bengkelnya donk ?? email ke rickyjigrik@gmail.com

Unknown said...

Kang indra tlg dishare alamat n nama montirnya. Mdprihadi@gmail.com.
Nuhun

arief said...

Dear all
Saya telah berhasil dan sudah saya lakukan perbaikan kecil2 lan yg menghasilkan banyak perbedaan, info ini pun saya peroleh dari club livina saya ucapkan banyak trimah kasih yg saya sampaikan kepada team GRAVINCI atas info yg saya terima dan saya merasa bangga juga ikut club ini banyak berbagi ilmu

Unknown said...

hallo bro indra...
mohon bantuan informasi bengkelnya.
tlg email : wijaya.sinar@gmail.com
thanks ya

bagus permadi said...

pagi pak Indra, sharingnya sangat bermanfaat. mohon share nama dan telp bengkelnya, email saya permadi.p@gmail.com tmksh :)

Setyo said...

Salam Pak Indra
Mohon info juga ke
setyo.hartono73@gmail.com

Unknown said...

Semangat pagi Pak Indra, boleh dishare ke saya juga Pak alamat bengkel dan No HP Teknisi nya GL 2012 saya sudah mulai ngelitik juga dan sudah saat nya servis KM 9000

yokkydwirananda@gmail.com

Terima Kasih dan Sukses Selalu

Unknown said...

selamat sore pa indra boleh dishare biaya nya berapa ? saya juga di bandung

Unknown said...

Selamat sore pak Indra boleh dishare alamat dan kisaran biaya nya. Ini email saya. hendrisal2@gmail.com

Unknown said...

Pak kebetulan masalah mobil livina saya sama, tolong ksh tahu nm bengkel d nomor hp mekaniknya di ridloim@yahoo.com

JUAL KAOS IMPORT BANGKOK THAILAND said...

Saya juga pakai gl 1.5 dan masallah ngelitik yg saya alami tdk bosa hilang udh di tune up palling hana 1000km atau lbh dikit udhhh ngelitik lg haduuuh gmn ya
Kata org yg pernah alami itu suruh ganti catalyticnya
Mahal euuuuyyyy

Unknown said...

Mhn dibantu sya juga alaami hal ini tp sya tgl dimedan sumut ada yg taugak bengkel yg bisa atasi masalah saya gak yah..

Anonymous said...

Minta kontaknya ya pak Indra, GL sya jg ngelitik ini...mohon infonya dikirim ke granitoids7(at)gmail.com
Terimakasih

Wahyu said...

Bisa minta alamT bengkelnya pak..

Post a Comment

Visitors are coming from

free counters

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys